RSS

Pembelajaran dan Penilaian pada Kurikulum 2013

08 Jan

Pedoman Pembelajaran

Proses pembelajaran menjadi kunci keberhasilan seorang guru dalam membimbing siswa belajar. Suasana kelas yang seperti apa yang memungkinkan siswa belajar dan berhasil menguasai kompetensi tertentu setelah melalui proses belajar tersebut menjadi penting dan ini mesti diciptakan oleh guru. Langkah kerja seperti apa yang memungkinkan siswa bekerja secara sistematis, efektif dan efisien juga mesti dirancang oleh guru. Bahan-bahan apa yang diperlukan agar siswa dapat mengeksplorasi semua yang mereka perlukan, juga harus dipersiapkan dengan cukup oleh guru. Bagaimana guru memberikan respon terhadap hal-hal yang muncul selama proses belajar berlangsung, juga mesti dipahami guru agar tidak menimbulkan menurunnya semangat para siswa belajar.

Lalu bagaimanakah proses pembelajaran mesti dilaksanakan ketika kita menggunakan Kurikulum 2013?

Pada dasarnya proses pembalajaran adalah sebuah suasana di mana siswa belajar dan guru mengajar. Cara bagaimana siswa belajar dan bagaimana guru mengajar senantiasa dikaji dari zaman ke zaman sehingga memunculkan keragaman dalam guru mengelola proses pembalajaran yang kesemuanya bertujuan untuk meningkatkan efektifitas proses pembelajaran itu sendiri. Kurikulum 2013 maupun KTSP sama-sama memberikan pedoman bagaimana sebuah proses pembelajaran itu mesti berjalan, seperti halnya kurikulum-kurikulum yang pernah ada sebelumnya. Untuk sekolah yang menggunakan Kurikulum 2013, pedoman tentang pengelolaan proses pembelajaran tertuang di dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014, tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran.

Hal-hal pokok yang dijelaskan di dalam Permendikbud 103 tersebut di antaranya adalah:

  1. Pengertian Pembelajaran dan Indikator Pencapaian Kompetensi
    • Pembelajaran adalah proses interaksi antarpeserta didik, antara peserta didik dengan tenaga pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar.
    • Indikator Pencapaian Kompetensi adalah: a). Perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada kompetensi inti (KI) 3 dan (KI) 4 dan b). Perilaku yang dapat diobservasi untuk disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2, yang kedua-duanya menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 8 Januari 2015 in Pembelajaran

 

2 responses to “Pembelajaran dan Penilaian pada Kurikulum 2013

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: