RSS

Menginstal Windows pada Hardisk SATA

13 Apr

Kepanikan melanda ketika dua kali proses instalasi WinXPSP2 pada PC AMD di warnet gagal dan gagal lagi. E… ternyata masalahnya ada pada driver sata. Alhamdulillah, googling, akhirnya bertemu dengan blognya Mas Syukhri ini, yang ternyata untuk melakukan instal WinXP di hdd sata di mana di bios mobonya tak ada pilihan seting ke IDE, mau tak mau harus membuat cd installer baru yang dimodifikasi dengan driver sata ybs. Ok, sy ikuti langkah bundling cd installer wXP, jreng……… ternyata proses instalasi lancar, dan kepanikan pun sirna saat adzan subuh mengumandang, sebab PCku telah berhasil kuinstal WinXP dengan selamat, lancar dan tak ada hambatan berarti.

Berikut langkah-langkah yang mesti kita tempuh:

Untuk mem-bundle ulang installer Windows XP, anda harus memiliki :
1. Installer Windows XP,
2. Driver SATA sesuai dengan spesifikasi notebook/desktop,
3. CD blank

Oke kita mulai..
Berikut langkah-langkah bundling installer Windows XP plus driver SATA:

* Jalankan aplikasi N-lite, jika belum memilikinya anda bisa download di sini, kemudian install. Jika gagal, mungkin di PC Anda perlu diinstalkan terlebih dahulu service pack windows XP, yaitu NET Framework 2.0, yang dapat Anda download di sini.

* Ikuti petunjuk N-lite sampai muncul pilihan tentukan patch installer Windows XP yang anda miliki, misalnya di D:\winxp-patch. Kemudian klik Next

* N-lite akan mendeteksi installer Windows XP anda. Jika tidak ada masalah maka akan muncul informasi tentang installer yang anda gunakan. Kemudian klik Next.

* Anda akan ditanya tentang task apa saja yang ingin dilakukan.

Anda cukup memilih drivers dan bootable ISO. Namun anda juga dapat memilih task yang lain sesuai keinginan dan kebutuhan anda. Kemudian klik Next.

* Proses selanjutnya adalah menentukan dimana lokasi driver SATA yang sudah kita siapkan (sesuaikan dengan driver SATA pada notebook/desktop yang akan anda install).

Untuk memasukkan driver, anda cukup meng-klik button Insert. Anda akan ditanya apakah anda akan memasukkan hanya 1 file driver saja atau banyak driver. Dalam tulisan ini saya mengambil multiple drivers. Setelah anda memilih single driver atau multiple drivers, anda akan diminta untuk menentukan lokasi driver yang bersangkutan. Tentukan lokasi driver SATA anda, kemudian klik OK.

Setelah proses penentuan lokasi driver tadi, anda akan dihadapkan pada banyak pilihan driver SATA. Silahkan sesuaikan dengan jenis SATA anda. Jika anda tidak yakin yang mana, anda bisa memilih semua driver yang ditampilkan. Kemudian klik Next.

* N-lite akan memproses semua perubahan task yang anda inginkan. Setelah proses selesai, N-lite akan menampilkan informasi terbaru dari installer Windows XP anda setelah ditambah drivers. Kemudian klik Next.

* Proses terakhir, installer Windows XP plus Driver SATA anda siap untuk disimpan menjadi ISO file atau anda juga bisa langsung melakukan proses burning ke CD. Ingat, pilihan ini hanya akan muncul jika anda memilih bootable ISO pada proses pemilihan task sebelumnya.

* Tunggu sampai proses burning selesai.
* Sekarang anda dapat melakukan installasi Windows XP pada drive SATA anda menggunakan installer yang baru anda burning.

Selamat mencoba, semoga sukses.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 13 April 2010 in Tips dan Trik

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: