RSS

Koneksi Down

24 Mar

Hujan dan angin kencang membuat koneksi ICT Center Kabupaten Kapuas, terganggu. Awalnya, sektoral 1, karena klem kabel pada lepas, aus (sudah berumur +- satu tahun), lalu terterpa angin, jaringan listrik tak dapat sampai ke radio. Lumpuhlah semua koneksi ke sektoral 1. Juru panjat, mengusahakan perbaikan agar normal kembali, ternyata, belum stabil juga. Hari ini, Senin, 24 Maret 2008, semua koneksi client down. Sampai dengan malam ini, pukul 19.35 wib, belum ada satu pun client on.

Sempat terpikir, jika saja sektoral 1 drop, tentu masalahnya menjadi tidak sederhana. Mulai dari kemungkinan mengganti radio sampai menaikkan lagi satu sektoral cadangan, untuk membackup sektoral 1. Terbayang kerja yang tidak main-main. Kerja sungguh-sungguh. Kerja yang menguras seluruh perhatian, mulai dari pemikiran, tenaga, sampai dukungan keuangan. Semuanya mesti berjalan jika ingin koneksi lokal dan internet kembali normal.

Tapi, mudah2an gak sampai ke sana. Meski tak dapat dipungkiri, bakal sampai waktunya, alat2 drop dan harus diganti. Pertanyaannya,  siapa yang harus menggantinya, dari mana dananya……… dan seterusnya dan seterusnya. Yah… ternyata tidak ringan memang. Perlu manajemen yang profesional. Perlu orang-orang bijak untuk menata ini semua, agar ICT dapat langgeng, berkalanjutan, stabil dan memuaskan semua pelanggan. Akan kah ini hanya sekedar cita2………? Waktu lah yang bakal membuktikan.

Saat ini yang patut dusyukuri adalah bahwa, dengan adanya JARDIKNAS, saya kenal lebih dekat dengan yang namanya internet, beserta ‘tetek bengek’ perlengkapan pendukungnya. Mulai dari jaringan lokal sampai ke koneksi internasional. Dari setting router, server proxy, voip dan ll (meski belum terkuasai semua dengan sempurnya, tapi itulah ilmu, kesempurnaannya berjalan seiring dengan pemanfaatannya) sampai setting web server yang cukup memaksa dahi ini berkerut memahaminya. Ini semua tak kan pernah saya sentuh jika tak ada JARDIKNAS. Alhamdulillah, terima kasih JARDIKNAS, sukses untuk Anda semua, para pengelola, yang telah berjuang, bekerja keras demi kemajuan anak bangsa. Allah memberkati hidup Anda semua, amin.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 24 Maret 2008 in Tentang ICT

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: